Fakultas Kedokteran Universitas Mataram

FK Unram merupakan salah satu Fakultas Unggulan di Universitas Mataram.
Sekilas Tentang Fakultas Kedokteran Universitas Mataram
1. Program Studi Pendidikan Dokter Universitas Mataram berdiri dengan ijin Operasional Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi No. 123/D/T/2003, tanggal 18 Juni 2003 yang telah diperpanjang dengan SK Perpanjangan Ijin Operasional Dirjen Dikti No. 899/D/T/2007, tanggal 20 April 2007.
2. Berubah nama menjadi Fakultas Kedokteran berdasarkan SK Rektor No. 10.146/H18/ HK/2007 tanggal 25 Agustus 2007.
3. Pada saat ini, Fakultas Kedokteran Universitas Mataram (FK UNRAM) telah di Akreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Tinggi (BAN-PT).
4. Spesifikasi dan kompetensi lulusan yang dihasilkan minimal sesuai dengan standar kompetensi dokter Indonesia dan standar pendidikan dokter Indonesia.

VISI:
TERWUJUDNYA FK UNRAM SEBAGAI INSTITUSI PENDIDIKAN TERKEMUKA YANG BERPERAN AKTIF DALAM PENGEMBANGAN IPTEK KEDOKTERAN DAN PUSAT RUJUKAN DALAM PENYELESAIAN MASALAH KESEHATAN DI INDONESIA TIMUR TAHUN 2025.

MISI:
1. Menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan akademik dan profesi kedokteran yang berkualitas
2. Mengembangkan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat untuk menghasilkan, mengembangkan dan memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi kedokteran bagi masyarakat
3. Menyelenggarakan sistem manajemen institusi pendidkan dokter yang efektif dan efisien
4. Membina dan mengembangkan jaringan kerjasama dengan berbagai lembaga kedokteran terkemuka
5. Mengembangkan manajemen kesehatan berbasis kepulauan

Pimpinan FK Unram saat ini :
1. Dekan : Prof. Dr. dr. Mulyanto
2. Pembantu Dekan I : dr. H. Doddy Ario Kumboyo, Sp.OG(K)
3. Pembantu Dekan II : dr. Hamsu Kadriyan, Sp.THT., M.Kes
4. Pembantu Dekan III : dr. Ida Ayu Eka Widiastuti, M. Fis

Sumber daya tenaga pendidik
Dosen tetap FK Unram terdiri atas dosen tetap sebanyak 88 orang dan dosen luar biasa yang terdiri dari seluruh dokter spesialis di RS dan institusi kesehatan lain yang menjadi tempat penyelenggaraan pendidikan tahap profesi.

Perkembangan Kurikulum di FK Unram
Sejak berdiri, FK Unram telah mengalami beberapa kali revisi kurikulum:
1. Tahun 2003-2006, kurikulum yang diberlakukan adalah kurikulum konvesional yang terdiri atas 4 tahun tahap akademik/sarjana dan 2 tahun tahap profesi
2. Sejak tahun 2007, FK Unram telah menerapkan kurikulum berbasis kompetensi (KBK) yang terdiri atas 3,5 tahun tahap akademik/sarjana dan 2 tahun tahap profesi
Kurikulum KBK telah direvisi sebanyak 2 kali, yaitu tahun 2009 dan tahun 2012, untuk mengikuti perkembangan kurikulum pada tingkat Nasional.

Kurikukum 2012 :
Kurikulum Blok 2012

Sarana dan Prasara
Sarana dan Prasarana yang disediakan oleh Fakultas Kedokteran Unram di tahap akademik sangat memadai untuk menjamin proses pendidikan yang berjalan.
1. Ruang kuliah yang dilengakapi dengan AC, sound system dan perangkat multi media
2. Ruang Tutorial yang dilengkapi dengan AC dan fasilitas pendukungnya.
3. Laboratorium Ketrampilan Medik yang dilengkapi dengan fasilitas pendukungnya. Disain ruang tramed di FK Unram dinyatakan salah satu disain terbaik untuk proses pembelajajaran ketrampilan Medik di Indonesia oleh reviewer Nasional.
Laboratorium Ketrampilan Medik FK Unram telah ditetapkan sebagai salah satu penyelenggara ujian OSCE Nasional.
4. Laboratorium Biomedik : merupakan laboratorium yang terintegrasi yang menyelenggarakan praktikum anatomi, histologi, fisiologi, dan biokimia. Fasilitas pendukung seperti cadaver, preparat histologi, mikroskop olympus.
5. Laboratorium paraklinik : merupakan laboratorium yang terintegrasi yang menyelenggarakan praktikum Mikrobiologi, Parasitologi, Farmakologi, Patologi Anatomi dan Patologi Klinik.

Sarana Pendukung lainnya:
a. Perpustakaan di tingkat Fakultas yang dilengkapi dengan ruang baca yang nyaman, ber-AC, dan jumlah buku CD yang sangat memadai, yaitu mencapai lebih dari 1950 judul dan 377 judul materi dalam bentuk CD.
b. Intranet dan internet
c. Barugak
d. Kantin
e. Mushola

Untuk tahap profesi, RS dan Puskesmas yang saat ini telah bekerjasama dengan FK Unram sebagai tempat penyelenggaraan pendidikan meliputi:
RSUP NTB, RSUD Kota Mataram, RSUD Praya, RSUD Patut Patuh Patju Lombok Barat, RS Jiwa, RS Bhayangkara dan BKMM, Puskesmas Kediri dan Narmada. Beberapa Puskesmas di Kabupaten Lombok Barat dan Lombok Utara saat ini sedang dalam proses penandatangan kerjasama.
Fasilitas yang disediakan disediakan di tempat penyelenggaraan pendidikan tahap profesi antara lain Manekin, peralatan kedokteran, buku kedokteran terbaru, perangkat multi media dan sarana penunjang lainnya.

Lulusan
Fakultas Kedokteran Unram masuk dalam kelompok A fakultas kedokteran di Indonesia dilihat dari jumlah lulusan Ujian Kompetensi Dokter Indonesia (UKDI) utama (first taker), sejajar dengan Fakultas Kedokteran terkemuka di Indonesai.
Jumlah lulusan dokter yang telah disumpah mencapai 123 orang dan semuanya telah terserap oleh lapangan kerja, sebagian dari lulusan tersebut telah diterima di pendidikan dokter spesialis di Fakultas kedokteran di Indonesia.

Leave a Reply